Menyatu dengan Flora dan Fauna di Cagar Alam Pangandaran

Cagar Alam Pangandaran – Deretan panti di Pangandaran sudah pasti tidak asing bagi wisatawan, terutama mereka yang tinggal di Jawa Barat dan sekitarnya. Namun begitu masih ada beberapa lokasi wisata yang tak kalah menarik, salah satunya Kawasan Hutan Lindung Cagar Alam Pangandaran.

Taman Cagar Alam Pangandaran menawarkan keindahan khas hutan lindung alami lengkap dengan aneka flora dan fauna. Semilir angin pantai dan deru ombak dari pantai disekitarnya menciptakan suasana damai menentramkan. Rimbun hijau belukar dan suara binatang hutan yang bersahutan mencerminkan suasana yang dirindukan mereka-mereka yang mencari ketenangan.

Menejejah Hutan Diantara Ribuan Satwa

Taman wisata Cagar Alam Pangandaran terletak di antara dua pantai populer yaitu Pantai Barat dan Pantai Timur. Tak hanya pepohonan subur tapi disini kita bisa menjelajah goa-goa dengan ciri khasnya yaitu stalaktit dan stalakmit. Ada beberapa goa yang cukup terkenal di tempat wisata cagar alam ini diantaranya: Goa Rengganis, Goa Miring, Goa Sumur Mudal, dan Goa Lanang.

Keindahan sumber daya alam hayati flora dan fauna di Taman Wisata Cagar Alam Pangandaran memang terlihat menakjubkan. Hutan sekunder yang didominasi pohon Laban, Merong, dan Kisegel ini konon sudah berumur lebih dari 60 tahun. Disini juga terdapat pohon peninggalan hutan primer seperti Pohon Bendo dan Kondang. Sementara di kawasan hutan pantai bagian barat dan timur banyak tumbuh pohon Ketapang, Butun, dan pohon formasi Barringtonia lainnya.

Dengan jenis flora yang begitu beragam, Cagar Alam Pangandaran merupakan kawasan habitat yang cocok untuk keberlangsungan hidup aneka satwa liar seperti Monyet Ekor Panjang, Kalong, Rusa, Landak, Tando, Lutung, dan Banteng. Banyak juga berbagai jenis unggas liar seperti Ayam Hutan, Burung Jogjog, Burung Cipeuw, Burung Tlungtumpuk, dan Burung Cangehgar. Sementara beberapa jenis reptil sepert Ular Pucuk, Tokek, dan Biawak juga hidup bebas di hutan ini.

Selain pepohonan rindang dan satwa-satwa liar kita masih bisa menikmati keindahan Cagar Alam Pangandaran dari sisi yang lain. Ada Batu Layar, Pantai Pasir Putih, dan Cirengganis yang masuk cagar alam laut. Juga padang penggembalaan Cikamal berupa padang rumput seluas 20 hektar untuk penangkaran Banteng dan Rusa.

Kita juga bisa menikmati sensasi dingin air terjun di kawasan Cagar Alam Pangandaran bagian selatan. Untuk sampai di lokasi air terjun ini kita hanya bisa melalui jalan setapak dengan waktu tempuh hampir 2 jam.

Karena terletak di Desa Pananjung, Kabupaten Pangandaran, maka cagar alam ini juga disebut Cagar Alam Pananjung Pangandaran. Banyak sekali aktivitas wisata yang bisa kita lakukan selain beberapa hal yang sudah kita bahas diatas. Disini kita bebas melakukan acara lintas alam, scuba diving, berenang, bersampan, snorkeling, atau bersepeda. Kalau masih punya banyak waktu kita bisa berkeliling untuk mengamati situs-situs atau peninggalan sejarah.

Tiket Masuk Cagar Alam Pangandaran

Harga tiket masuk Cagar Alam Pangandaran per orang Rp 15.000 dan Rp 10.000 untuk sewa senter. Untuk masuk ke kawasan cagar alam ini kita bisa naik perahu dengan harga paket antar jemput Rp 35.000. Kita juga bisa menikmati cagar alam laut di Pantai Pasir Putih dari atas perahu. Tarifnya Rp 15.000 per orang dengan jumlah minimal penumpang 3-5 orang. Kalau kita bawa teman 7-10 orang tarifnya lebih murah, hanya Rp 100.000 saja.

Sebenarnya masih banyak yang bisa kita eksplorasi dari Cagar ALam Pangandaran ini. Misalnya menikmati kehidupan bawah laut di cagar alam laut bagian barat dengan snorkeling. Namun untuk lebih lengkapnya kita bisa datang ke lokasi wisata ini pada liburan yang akan datang.

*)Note : Harga diatas sewaktu-waktu dapat berubah