Mercedes-Benz C-Clas Rebut Emas, Dan 18 Jawara Lainnya di iCar Asia People’s Choice Awards – Car Of The Year


Pada akhir Oktober kemarin pemungutan suara Ajang People’s Choice Awards – Car Of The Year resmi ditutup, untuk gelaran acara tahun ini memang agak sedikit berbeda dimana sebelumnya penjurian dilakukan oleh para pakar industri mobil, akan tetapi sekarang ini penjurian murni dilakukan oleh konsumen.Dikutip dari situs Berita Otomotif Mobil123.com Chief Marketing Officer iCar Asia Jonathan Adams menuturkan bahwa Kesuksesan iCar Asia di pasar mobil baru dan bekas karena mendengarkan dan merespons customer, maka tidak heran pada gelaran tahun ini iCar Asia menempatkan konsumen di “kursi pengemudi” dan keputusannya akan menentukan merek dan model mobil terbaik untuk dikukuhkan sebagai favorit masyarakat.

Pada 24 November 2017 menjadi malam puncak penghargaan yang diselenggarakan iCar Asia dimana jawara tahun ini diraih oleh Mobil Pabrikan Eropa Mercedes-Benz C-Class, Disusul oleh duo pabrikan jepang yaitu Honda Civic sebagai runner up, dan Toyota Fortuner di posisi ketiga.

Yah, saya sendiri sangat mengakui bahwa Mercedes-Benz C-Class lebih pantas menjadi jawara dibanding 2 pesaingnya dari jepang, menurut saya desain mobil pabrikan eropa ini lebih terlihat berkelas dan modern. Karenanya mobil asal jerman ini memiliki fitur unggulan yang diturunkan oleh  Mercedes-Benz S-Class yaitu tampilan kabin. Salah satu caranya dengan menerapkan fitur lampu kabin tersembunyi, ambient lighting. Selain itu material kaca baru yang diaplikasikan pada C Class bisa mengurangi tingkat kebisingan kokpit hingga 10 desibel.

Untuk fitur dari Mercedes-Benz C-Class sendiri yaitu Seperti suspensi sport, electric panoramic sliding sunroof, sistem knalpot sport, parkir otomatis, sistem audio Burmester, kamera parkir, lampu utama LED berperforma tinggi hingga sistem KEYLESS-GO.

Melihat dari segudang fitur dan desain yang mewah tentu harga Mercedes-Benz C-Class ini lebih tinggi, meskipun begitu saya tidak bisa bilang mobil ini mahal atau murah karena itu merupakan penilaian individu, mungkin menurut saya mahal bisa jadi sangat murah kalau menurut Bill Gates atau Jack Ma.

Selain 3 Jawara diatas ada juga jawara tiap-tiap kategori dimana keseluruhannya ada 18 kategori yaitu :

Kategori Pemenang
Budget HatchHonda Brio
Mid Range HatchHonda Jazz
Premium HatchMercedes Benz A Class
Budget MPVToyota Avanza
Mid Range MPVToyota Innova
Premium MPVToyota Alphard
Budget SUVHonda BRV
Mid Range SUVHonda CRV
Premium SUVLexus LX 570
Budget SedanHonda City
Mid Range SedanHonds Civic
Premium SedanAudi A6
Pick UpMitsubishi Triton
Cross OverMitsubishi Outlander Sport
Perfomance CarLamborghini Aventador
Low Cost Green CarToyota Calya
New Kid on the BlockMitsubishi Xpander
Mid Size SUV DieselMitsubisshi Pajero Sport

Melihat daftar diatas ada 2 mobil yang menurut saya pantas menjadi jawara dikategorinya yaitu Toyota Avanza dan Innova, berdasarkan data dari gaikindo keduanya menjadi mobil paling laris pada April 2017, dimana Toyota Avanza menjual 11.906 Unit dan Toyota Innova 4.898 unit, jadi jangan heran apabila mereka menang di Kategorinya bisa jadi penyebabnya karena dominasi voting dari user Avanza dan Innova seperti saya contohnya yang sangat mengidamkan Toyota Innova.

Menurut saya yang tidak terlalu paham akan otomotif, acara seperti Oscar-nya Industri mobil ini sangat dibutuhkan guna memberikan informasi dan referensi dalam memilih mobil, maka dari itu sangat wajar apabila Mobil123 sebagai Portal Jual Beli Mobil terbesar di Indonesia peka terhadap hal ini, Apalagi ditambah dengan melibatkan konsumen pada bangku juri dan berharap acara seperti People’s Choice Awards – Car Of The Year bisa terus berkembang serta menjaring lebih banyak konsumen dan pencinta mobil di tanah air.